Friday, January 28, 2011

Bisa, Coba Dulu

Dulu, saya yakin dengan sepenuh hati bahwa saya tidak bisa menari.
Badanku kaku, tidak luwes untuk menari sana sini. Gerakan tangan diputar-putar, kaki kemana-mana, pinggul kiri kanan, dulu tuh eke gak bisa sama sekali. Kalo coba menari pasti jadi malah jadi bahan becandaan. Kaku lah anaknya. Sampe SMA, sudah dibuktikan secara empiris bahwa diriku tidak punya harapan di bidang seni tari.

Hingga akhirnya bergabung di Paduan Suara Mahasiswa UNHAS. Waktu ikut lomba ACG 2007, kita kan harus nari ya sambil nyanyi. Waktu itu kita ikut kategori folklore, jadi nyanyi lagu tradisional sambil menari. Eke pusing dong, gimana caranya badanku yang kaku ini mo menari? Mana sambil pegang kipas, kipasnya harus diputar-putar terus dibuka dilempar ditutup kembali terus diputar lagi. Ampun maknyak kayaknya akiu gak sanggup. Gimana cara hapalinnya coba? Tangan kemana kaki kemana pinggul kemana?

Tapi kan gak mungkin dong cuma gara-gara gak bisa hapal tarian lantas nyerah gak ikutan lomba. Kan konyol. Jadilah saya usaha menghapalkan tarian dengan cara: DICATAT, pemirsa.
Catatan tarian step by step saya bikin kurang lebih kek gini:
Ketukan 1-8: tangan kanan direntangkan, pergelangan diputar keluar bagaikan melempar beras. Sementara itu kaki kanan diangkat perlahan telapak dilancip bergerak ke kanan juga.
Ketukan 9-16: badan bungkuk, jongkok pelan sampe kata "dongang", ambil kipasnya, buka pelan2 dari ujung pake tangan kiri. Kelingking jangan lupa diangkat. Dst.
Nah bayangkanlah waktu itu lagunya 15 menit, artinya ada berapa ratus ketukan? Masing2 saya catat dong. Namanya juga usaha! Dan akhirnya bisa, akhirnya kulo yg kaku ini bisa ikutan lomba nyanyi sambil menari. Prestasi pribadi bener rasanya nyonyah.

Lanjut berkarir di PSM UH, ternyata kategori lomba yang sering diikuti tidak lain tidak bukan adalah folklore.
Artinya harus menari lagi. Tingkat kesulitan menarinya semakin lama kan semakin tinggi. Ada tarian toraja, tarian bugis, pegang kipas, pegang bunga, pegang patapi beras, and so on. Gak mungkin dicatat terus kan. Tapi ternyata belajar pelan-pelan, dihapal pelan-pelan, lama-lama bisa tuh. Rasanya ajaib skali waktu bisa menari Toraja yang harus jinjit-jinjit sambil jongkok.
Setelah terbiasa, akhirnya bisa selalu ikut lomba yang pake nari. Akhirnya bisa ikut job yg harus menari. Malah pernah ikut job gak pake nyanyi, benar-benar job nari.
Aku...tidak...kaku lagi.... Hiks maknyak aku berhasyil...


Intinya adalah.

Bisa saja kita berpikir kita tidak mampu melakukan sesuatu.
Tidak bisa menari, tidak bisa menyanyi, tidak bisa lulus ujian, tidak bisa masak, tidak bisa dapat beasiswa, tidak bisa jadi idola, tidak bisa kimia, tidak bisa akuntansi, tidak bisa selesaikan baca satu Alkitab, tidak bisa jadian dengan doski yang selalu dipandang dari kejauhan dari balik pilar, dan jutaan tidak bisa lainnya.
Atau tidak diapprove pi kasian....... WOW SIAPA YAH YANG BEGITU YA AMPUN MASAK SIH GITU LOH ULALA.

Ehm.

Tapi ternyata, setelah dicoba dan diusahakan. Kok ya ternyata bisa. Kan kalau ada usaha dan berhasil senang toh. Kalau cuma berharap ada keajaiban, *tringtring* tau-tau bisa ya emang gak bakal kejadian. Harus usaha. Harus melakukan sesuatu biar bisa terjadi. Seperti nulis gerakan tarian satu2 sampe hapal.


- aku bisa, aku pasti bisa, ku akan terus berusaha.
bila ku gagal, itu tak mengapa.
setidaknya ku tlah mencoba.
aku bisa, aku pasti bisa, ku tak akan berputus asa.
ku kan terus coba sampai ku bisa
aku
pasti
bisa! -
-dari lagu apa ya maap lupa
-- btw foto diatas ada diriku, paling kiri. kulo memberi bukti bukan hanya janji.
yuk.



Jadi, selalu ada harapan buat mereka yang berusaha.
Harus dicoba dan diusahakan dulu makanya.
;)

Thursday, January 27, 2011

Trilogi Warna

Warna Tanah, Warna Air, then Warna Langit are three graphic novels' titles.
They are stories of a young Korean girl named Ehwa and her mother.
Upon how they embrace love, meet love, and then wait for their lovers.
The author, Kim Dong Hwa, tells his stories so poetically you can't help but feeling rather melancholic.

He uses various flowers as symbols. Hollyhock, tiger lilies, bunga labu, bunga lonceng putih, bunga kastanye...

Trilogi Warna makes waiting seems so romantic, using flowers as metaphor of love growing inside one's heart...

For falling in love is a wonderful feeling, even after heart breaks we don't give up.
The idea of love is beautiful, it warms your heart.
So we wait.

Longing
Waiting
Waiting for the right person
Waiting for the right person to make a move
Dreaming of the right person
Who sees you
Understands you
Loves you kindly,
Loves you unconditionally.

"Aku sedang mendengarkan hujan... Kedengarannya seperti langkah kaki, dan... terdengar seperti jerami yang sedang dijalin menjadi tali...Entah mengapa, untuk suatu alasan suara hujan hari ini begitu mengusik..."
— Kim Dong Hwa


"Kekasihku tiba, tapi bukan menyambutnya,
Aku hanya bisa menggigiti ujung celemekku dengan ekspresi hampa -
Betapa kikuknya diriku.

Hatiku merindukannya, sebesar dan senyalang bulan yang purnama
Namun aku malah menyipitkan mata, tatapanku
setajam dan setipis bulan sabit.

Namun bukan aku melulu yang bertingkah begini.
Ibuku dan ibu dari ibuku sama konyol dan canggungnya saat masih gadis...

Tapi cinta yang datang dari hatiku meluap-luap,
Seterang dan semerah besi panas dalam tungku pandai besi."
— Kim Dong Hwa





ulala....

Depends on How You Look at It

From Urban Dictionary.com:
The world is in the eye of the beholder; it all depends on how you look at things;
Everything is quantifiable in terms of individual perception.

Ever since "24 Wajah Billy", I learned that there could be a lot of explanations behind someone's behavior, character, and reaction.

When somebody do something wrong, may be it's not just because he/she is basically evil. There could be thousands of reason behind it. May be he was protecting something, may be he thought he was protecting something, may be he honestly thought what he did was an act of kindness. "I'm just trying to end her pain", said the little pale boy, after slicing his nanny's neck. Creepy, but true.

Take Voldemort, for instance.
Why did he killed all those people? To increase his magic power. To build a back up soul storage device.
Why ended someone's life is needed to achieve that purpose? Because it is needed. Like science, you know. Scientist killed rats and hamsters in lab, Lord Voldermort killed people he considered disposable. Most people would consider it as cruelty, Lord Voldemort thought it was "for a greater good".
Why did he killed more, even when he has achieve all greatness? May be because it was addictive? Like Cruella de Vil wears fur coats?
He was a genius wizard, had an unhappy childhood in his orphanage. Probably because he was different. May be he wasn't treated nicely, thus the anger hatred rooted.
This is not a perfect explanation on Voldemort's case, I know, but I kinda understand why he did what he did.

It depends on how you look at it, right? From Potter's perspective, "He killed my uncle."
Wait, no, that's from Chinese kungfu movie.
From Potter's perspective, Voldemort was the wizard who killed his parents.
From Voldemort's perspective, he was a great wizard expanding himself for what he believes in. Unfortunately what he believes include either ending people lives or put them into great misery.

These days, we have higher tolerance for conducts which are traditionally evil.
What used to be consider wrong doings are now cool.
For example, robbery. Who doesn't like Ocean's Eleven, Twelve, Thirteen? Apart from the gorgeous casts the thieving action was awesome, don't you think?
Despicable me dude. He's not despicable at all, he's adorable.
Catch Me If You Can, Bandits, The Dark Knight, Inside Man, Public Enemies, The Departed. Come oooonnn.
Murder. Sweeney Todd. Many people slaughtered in the movie, yet we still admire Johny Depp's singing during.

Well, ok, I can't think of another example for murder category.
But you see what I mean here, rite?

Perspective is important. You need it before deciding to like someone or not.
Hmm.
ADDS. Ada dendam di suaramu, sayanggg.

Anyway.

Two characters I can't put my mind to like, can't figure out their excused from being so wicked, are Count Olaf from The Series of Unfortunate Events and Dolores Umbridge. No matter how I try to twist and turn the possible reasons of their vile doings. I can't have any sort of empathy towards them, only despise.


On those two, I cant see any other perspective than they are mere evil.

Same goes with the non fictional characters in my world.